Sejarah Mesin Kasir dan Perkembangannya


Mengenal lebih jauh mesin kasir atau yang biasa disebut cash register, ditemukan dan dibuat oleh James Jacob Ritty pada tahun 1879 mesin kasir merupakan sebuah alat mekanik yang dilengkapi elektronik untuk menghitung dan mencatat transaksi penjualan dan terintegrasi secara modul laci atau cash drawer untuk menyimpan uang tunai, serta di lengkapi printer khusus untuk mencetak bukti penjualan untuk konsumen.

Pada umumnya mesin kasir berbasiskan komputer dilengkapi dengan software berbasiskan sistem operasi DOS, Windows, Linux maupun android dimana data tersimpan dalam database baik di mesin kasir tersebut maupun di server induknya dengan perkembangan database dapat tersimpan di cloud.

Salah satu keunggulan Mesin kasir dibandingkan dengan software penjualan biasa adalah di sistem keamanannya karena selain dari sistem perangkatnya mesin kasir dilengkapi dengan kunci pengaman. Isu terbesar dari perkembangan mesin kasir POS adalah fraud keuangan dari human error sehingga berdampak pada kerugian dan tidak jarang kebangkrutan.

Perkembangan mesin kasir telah membawa generasi yang lebih modern, mulai dari pengoperasian yang hanya mengunakan layar, PC dengan penambahan modular hingga mesin kasir yang pengoperasiannya sudah touch screen membuat lebih efisien dalam transaksi dan bahkan sudah dilengkapi dengan mesin kasir POS android yang sudah dipasang printer sebagai bukti penjualan bagi konsumen.

Trobosan baru adalah system mesin kasir pos telah berkembang hingga memadukan efisiensi serta efektifitas yang luar biasa hingga menyentuh user experience dimana konsumen terlibat secara langsung mulai dari pemesanan hingga tahap pembayaran dan mendapatkan bukti pembelian, contoh adalah Automatic self service ordering payment kiosk machine, self service restaurant ordering machine dan lainnya.

Dengan kemajuan teknologi sangat diharapkan bagi penggiat dan pengusaha di sektor mesin kasir POS dapat lebih lagi mengembangkan serta membuat trobosan baru lagi bagi sektor retail dan hospitality industry, tidak lupa juga dukungan dari pemerintahan ikut andil dalam menyumbangkan perkembangan dalam sektor usaha ini khususnya sektor UMKM.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Fungsi Printer Kasir

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Bisnis Retail