Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Bisnis Retail

mesin kasir POS
Bisnis retail merupakan sebuah konsep bisnis yang sangat menjanjikan, namun jika Anda berencana ataupun yang sudah memulai bisnis retail ini gali dan pahami beberapa hal berikut ini:
  • Barang dagangan
  • Kenali pelanggan Anda
  • Lokasi
  • Sistem dan manajemen
Barang Dagangan
Sebelum Anda menentukan barang dagangan, pastikan Anda benar-benar telah melakukan beberapa penelitian. Calon pembeli Anda adalah objek yang paling tepat untuk dimintai pendapat, barang apa saja yang mereka butuhkan. Perlu diingat bahwa stock barang merupakan bagian paling mahal dari segi harga ataupun modal, dapatkan beberapa distributor untuk mendapatkan penawaran terbaik dari mereka dan jangan lupa untuk mendapatkan beberapa masukan dari mereka.

Kenali pelanggan Anda
Hal selanjutnya yang harus menjadi perhatian lebih adalah bagaimana membuat toko Anda menjadi berbeda dengan para pesaing Anda, pastikan setiap pelanggan yang datang dapat dengan mudah membedakan item setiap barang berdasarkan pengkategorian produk, berikan tanda harga penjualan di semua barang dagangan dengan tanda-tanda yang akan menarik perhatian pelanggan Anda, hal ini akan meningkatkan arus lalu lintas/traffic dan membiarkan pelanggan mengetahui ada alasan untuk berhenti di toko Anda, dan mungkin akan menarik pelanggan baru yang ingin mencoba dan melihat apa yang Anda jual.

Layanan terhadap pelanggan adalah kunci sukses bisnis, setiap pelaku bisnis yang cerdas akan dapat mengambarkan bahwa setiap pelanggan adalah emas dan harus diperlakukan layaknya seperti itu, ingat bukan hanya Anda namun Anda wajib menginstruksikan kepada setiap karyawan Anda bahwa setiap pelanggan sangat pantas mendapat perhatian penuh, pastikan semua pelanggan memiliki pengalaman hebat ketika berbelanja di toko Anda perlakukan mereka dengan hormat serta bekerja ekstra untuk mereka, Anda tidak akan pernah terbayangkan apa yang akan mereka bawa untuk Anda.

Lokasi
Langkah mendasar lainnya adalah memilih lokasi terbaik untuk bisnis Anda, tidak akan ada gunanya jika Anda memiliki staf hebat dan barang dagangan yang mengagumkan tapi tidak ada pelanggan? Anda harus memilih lokasi yang memiliki jumlah lalu lintas tinggi bahkan Anda harus terlebih dahulu melakukan survey terhadap lokasi tersebut, siapakah calon pembeli Anda?, apa yang sebenarnya mereka cari? Bagaimana karater calon pembeli Anda? Dan lain sebagainya dengan pertimbangan secara demografis, geografis maupun psychografis. Namun jika Anda berencana untuk membuka retail di pusat pembelanjaan Anda wajib mengikuti semua panduan dan kebijakan yang berlaku di pusat pembelanjaan, bahkan seperangkat peraturan yang ketat, dan melanggar salah satu peraturan dapat saja menggubur bisnis dan impian Anda kedepannya.

Sistem dan manajemen
Pelaksana tugas adalah hal tidak dapat Anda elakan, mendapatkan mereka yang muda belum tentu tepat untuk bisnis Anda, mereka yang tertarik terhadap otomotif mungkin kurang tepat ketika ingin bekerja di toko computer, dapatkan calon karyawan yang ketertarikan cukup linear dengan bisnis Anda.

Dapatkan manajer yang dapat melakukan hal-hal yang mungkin terlewatkan oleh Anda, mendukung dalam tugas harian Anda, bahkan dapat mengantikan Anda ketika Anda sedang tidak ada, pastikan manajer Anda adalah personal yang cukup pengalaman di dunia retail, manajemen pelanggan maupun karyawan, pengoperasian mesin kasir, penaganan uang tunai dan lain sebagainya.

Cegahan kerugian Anda, Satu-satunya cara untuk mengetahui seberapa banyak Anda kehilangan adalah melakukan inventarisasi. Memiliki system mesin kasir POS (point of sale) yang dijalankan dari PC Anda akan memiliki persediaan real-time, jaga karyawan Anda jujur ​​dengan kamera pengawas CCTV. 

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Fungsi Printer Kasir

Sejarah Mesin Kasir dan Perkembangannya